PENGADAAN ABSEN ONLINE SISWA DENGAN SCAN BARCODE

Pada tahun 2024, Kepala SD Negeri 3 Kalianget Bapak Zaenal Abidin Dwi Kuswanto, S.Pd.,Gr memutuskan untuk menerapkan sistem absensi online dengan scan barcode. Sistem ini dipilih karena dinilai lebih akurat dan efisien dibandingkan sistem absensi manual.

Pada bulan januari pihak sekolah mengadakan sosialisasi kepada para siswa dan orang tua tentang sistem absensi online ini. Dalam sosialisasi tersebut, pihak sekolah menjelaskan manfaat dari sistem absensi online ini, cara penggunaannya, dan hal-hal yang perlu diperhatikan.

Setelah sosialisasi, pihak sekolah mulai membagikan kartu absensi online kepada para siswa. Kartu absensi ini berbentuk seperti kartu pelajar yang dilengkapi dengan barcode. Setiap siswa memiliki kartu absensi yang berbeda-beda.

Pada hari senin tanggal 15 Januari 2024 sistem absensi online ini mulai diterapkan. Setiap kali siswa masuk atau keluar kelas, mereka harus menempelkan kartu absensi mereka di scanner HP guru piket. Data kehadiran siswa kemudian akan tersimpan secara otomatis di database sekolah.

Sistem absensi online ini berjalan dengan lancar. Para siswa dan orang tua pun merasa puas dengan sistem ini. Sistem ini dinilai lebih akurat karena tidak ada lagi kesalahan dalam pencatatan absensi. Selain itu, sistem ini juga lebih efisien karena menghemat waktu dan tenaga.

Secara keseluruhan, sistem absensi online dengan scan barcode merupakan sistem yang efektif dan efisien. Sistem ini dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pencatatan kehadiran siswa.